Rabu, 28 Juni 2017

Daun Kersen Jadi Obat Antiseptik


Pohon kesen bernama latin Muntingia Calabura, hingga saat ini masih belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat luas. Padahal perlu diketahui bahwa tanaman daun kersen ini begitu mudah didapat di kehidupan masyarakat, dan ternyata tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat antiseptic.

Selama ini ternyata daun kersen tidak berarti dan dianggap sampah yang berserakan dihalaman, padahal daun kersen ini mengandung kelompok senyawa tau lignin antara lain flavonoid, tannin, triterpene, saponin, dan polifenol yang menunjukkan aktifitas antioksidatif yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Hasil penelitian dengan uji fitokimia ternyata juga menunjukkan bahwa daun kersen ini mengandung flavoid dan mampu menghambat aktivitas bakteri. Daun kersen ini juga bermanfaat sebagai obat. Bila direbus atau direndam dalam air bisa untuk mengurangi pembengkakan kelencar prostat. Juga bisa digunakan untuk menurunkan panas, menghilangkan sakit kepala, flu, dan mengobati penyakit asam urat.

Untuk membuat bio sprayer antiseptic ini dibutuhkan daun kersen yang dioven dalam suhu 60 derajat Celcius selama 24 jam. Kemudian digrinding halus dan direndam selama 24 jam. Perbandingan daun kersen dan aquades adalah 1 : 5. Racikan ini lalu diekstrak selama 5 jam menggunakan rotary evaporator bersuhu 80 derajat Selcius. Hasilnya diformulasi dengan gliserin, aquades, katalis serta pengawet, dan dikemas dalam bentuk biosprayer.

Biosprayer antiseptic ini menambah khasanah obat herbal di Indonesia, apalgi dibuat dari bahan yang mudah didapatkan dimasyarakat. Ketertarikan masyarakat pada pengobatan herbal dikarenakan memiliki nilai yang lebih aman dan tidak ada efek sampingnya. Selain harganya yang jauh lebih murah atau terjangkau, herbal juga mengandung lebih sedikit bahan kimia sintetis barbahaya sehingga mengurangi resiko penyakit lebih lanjut. Berikut ini beberapa manfaat Daun Kersen untuk kesehatan :

1. Daun Buah Kersen Sebagai obat mengatasi diabetes.
Tidak hanya buah kersen saja, yang terkenal sebagai obat mengatasi penderita diabetes, akan tetapi daun buah kersen Juga bisa dijadikan obat mengatasi diabetas Sejak zaman dahulu daun buah kersen dikenal sebagai ramuan alami yang digunakan untuk mengatasi gula darah yang tinggi Karena kandungan flavonoid dan saponin yang cukup tinggi daun buah kersen bisa menyereksi hormon insulin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk metabolisme gula.

2. Daun Buah Kersen dapat Mencegah perkembangan tumor.
Daun buah kersen dikenal sebagai daun yang mempunyai banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit Salah satu manfaat dari daun buah kersen ialah untuk mencegah pertumbuhan tumor Daun buah kersen mempunyai kandungan saponin, tannin dan flavonoid Selain itu, air rebusan daun buah kersen Juga dapat menjadi antiseptik yang cukup bagus dan akan mencegah inflamasi serta peradangan.

3. Daun Buah Kersen Sebagai Pengontrol Fungsi Otot Jantung.
Manfaat yang lain dari daun buah kersen ialah bisa menjaga fungsi otot Jantung Hal tersebut buktikan dengan sebuah penelitian bahwasannya daun buah kersen bisa bekerja sangat aktif untuk melindungi fungsi dari otot Jantung.

4. Daun Bush Kersen Sebagai Anti hipertensi.
Daun kersen dapat gunakan untuk obat anti hipertensi Caranya dengan membuat minuman dari serbuk daun buah kersen dan diminum dua dalam sehari.

5. Daun Bush Kersen Sebagai Anti inflamasi.
Penjelasan diatas Jugs sudah disebutkan bahwa daun bush kersen bisa menurunkan gejala radang dan inflamasi.

6. Daun Buah Kersen Sebagai Antiseptik.
Daun buah kersen karena kandungan tannin, saponin dan flavonoid, dapat menjadi antiseptik yang membunuh berbagai bakteridan mikroba.

7. Daun Bush Kersen Dapat Mengatasi kolesterol yang tinggi.
Manfaat dari daun buah kersen yang lainnya ialah sebagai obat yang bisa mengatasi kolesterol yang tinggi Caranya ialah dengan meminum air rebusan daun buah kersen dan diminum tiga setiap hari.

Demikian artikel kami tentang manfaat Daun Kersen sebagai Obat Antiseptik, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin mendapatkan kesehatan dengan memanfaatkan daun kersen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar